Selasa, 03 Agustus 2010

Terjadinya Sinar X

Pada peristiwa terjadinya tumbukan tak kenyal sempurna antara elektron dengan atom anoda (targed) akan terjadi dua hal sebagai berikut.

1. Terjadi radiasi yang dikenal dengan “ bremstrahlung” yaitu elektron yang mendekati atom targed (anoda) akan berinteraksi dengan atom bahan anoda, tepatnya dengan elektron luar atom tersebut. Ia mengalami perlambatan sehingga mengeluarkan radiasi. Radiasi ini memiliki aneka ragam panjang gelombang, oleh karena itu proses bremstrahlung dapat dialami elektron berulang kali, sehingga spektrum radiasi ini bersifat kontinyu.


Peristiwa tumbukan antara electron dengan atom anoda dapat dilihat pada

Gambar 3.



Gambar 3. Tumbukan Antara Elektron dengan Anoda

2. Elektron yang mendekati atom didalam anoda berinteraksi dengan elektron dalam atom tersebut, berupa tumbukan tak kenyal sempurna, akibatnya elektron anoda terlepas dari kulitnya. Atom tertinggal dalam keadaan bereksitasi yang dalam keadaan tidak stabil. Maka terjadilah (dalam waktu 10-8 detik) pengisian kekosongan itu oleh elektron-elektron yang lebih luar. Perpindahan kulit yang luar ke kulit yang dalam disertai pancaran radiasi dengan panjang gelombang tertentu, maka radiasi ini bersifat diskrit. Interaksi elektron dengan atom anoda dapat dilihat pada Gambar 4.

Gambar 4. Interaksi Elektron dengan Atom Anoda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar