Jumat, 05 Maret 2010

MENJAGA KESEGARAN SAYURAN

Bagaimana cara menjaga kesegaran sayuran ? barangkali kita dapat menjawab pertanyaan ini dengan gampang, “Membungkusnya dengan plastic lalu memasukkannya kedalam kulkas”. Paling tidak itu yang sering kita lakukan. Cara ini sangat praktis, murah, dan mudah di ingat. Hasilnya pun tidak mengecewakan, sayuran dapt bertahan sampai dua atau tiga hari. Sayuran yang berupa buah dapat dijaga kesegarannya sampai satu minggu. Cara ini juga cukup aman dari masalah penurunan kandungan dari beberapa gizinya. Pada beberapa jenis sayuran, kandungan vitamin dan mineralnya utuh karena tidak terurai. Beberapa jenis enzim tidak aktiv, sehingga perubahan-perubahan enzimatisnya praktis terhenti.

Kelemahan cara ini adalah sayuran menjadi layu, bahkan tidak jarang menjadi kering. Bila dimasak, kesegaran khas sayurannya tidak dapat dinikmati lagi. Mengapa? Suhu rendah sangat efektif untuk menjaga sayuran tampak segar dengan perubahan kandungan vitamin dan mineral yang relative kecil. Tetapi pada suhu demikian cairan, termasuk cairan-cairan didalam sel sayuran, akan membeku. Akibatnya, sel-sel sayuran kehilangan cairan sehingga menjaadi layu.

Sayuran-sayuran yang helaian daunnya tipis sebaiknya tidak disimpan didalm kulkas agar tidak menjadi layu atau kering. Ada cara lain yang juga mudah, efektif, dan jauh lebih murah, yaitu dengan menempatkan bagian pangkal sayuran kedalam air. Dengan cara ini metabolisme sayuran masih terus berlangsung sehingga kesegarannya masih dapat dipertahankan lebih lama. Metabolism dapat dihambat sekaligus penguapan dapat diperkecil dengan membungkus bagian daunnya dengan plastic. Plastik yang digunakan sebaiknya bewarna hitam (plastik kresek) atau tidak tembus cahaya agar fotosintesis sayuran-sayuran terhambat.

Kelemaahan cara ini adalah warna hijaunya cepat pudar. Meskipun bagian daunnya telah dibungkus, proses fotosintesis tidak dapat dihentikan sama sekali sehingga penguraian klorofil tidak dapat dihindarkan. Walaupun demikian, cara ini dapat menjaga kesegaran sayur beserta warna hijaunya selama dua atau tiga hari atau sebanding dengan jangka waktu simpan kulkas yang notabene mengakibatkan penurunan kesegaran sayuran. Sayur-sayuran yang tidak bewarna hijau seperti kubis, bunga kol, dan beberapa jenis sawi dapat disimpan lebih lama, bahkan sampai satu minggu tanpa perbedaan kesegaran yang berarti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar