Jumat, 05 Maret 2010

Pendahuluan


Kata pangan merupakan sesuatu yang tidak asing lagi di telinga kita. Berbicara tentang pangan tidak akan ada habisnya. Sebagai kebutuhan utama manusia, pangan menentukan kelangsungan dan mutu hidup manusia. Namun karena dianggap sesuatu yang biasa sehingga sering kali pengetahuan tentang pangan diabaikan begitu saja. Sehingga banyak sebagian besar masyarakat khususnya masyarakat awam yang kurang mengetahui arti pentingnya pangan.

Masalah pangan selalu lebih mendesak, apalagi bila ditambah masalah yang baru yaitu cepatnya laju pertumbuhan penduduk. Dalam menghadapi masalah pangan, perlu adanya suatu system pangan yang mantap. Secara garis besar, system pangan dapat dibagi menjadi tiga sub system yaitu sub system produksi, subsistem pengadaan, dan subsistem konsumsi.

Banyak aspek yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan produk pangan yang bermutu baik dalam arti aspek sensori (warna, aroma, rasa dan tekstur) dapat diterima, memenuhi aspek nutrisi yang dibutuhkan dan aman (tidak menyebabkan penyakit) pada konsumen yang mengkonsumsinya. Aspek-aspek yang berpengaruh pada mutu makanan tersebut adalah aspek pengolahan pangan, yang mempertimbangkan kondisi kimia, fisik, sensorik, dan mikrobiologis pangan tersebut. Artikel dalam blog ini ditulis dengan tujuan sebagai media pembelajaran dan informasi di bidang pangan dan gizi khususnya bagi penulis sendiri maupun orang lain yang membacanya. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar